Jakarta, Aktual.com – Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia menyebut, pendaftar calon hakim agung tahun 2021 yang terkonfirmasi merupakan jumlah terbanyak sepanjang lembaga ini membuka seleksi, yakni mencapai 149 orang.

“Sepanjang sejarah seleksi yang dilakukan, 2021 adalah yang terbanyak pendaftar calon hakim agung, sehingga jumlah pendaftar mencapai 149 orang,” ujar Anggota Komisi Yudisial RI/ Ketua Bidang Rekrutmen Hakim, Siti Nurdjanah, Selasa (13/4).

Usai dilakukan seleksi administrasi yang lolos hanya 116 orang. Sebentar lagi pun akan diadakan seleksi kualitas.

“Pendaftaran dilakukan secara daring, besok di tanggal 14,15,16, itu seleksi kualitas, saat pandemi ini maka ujian dilakukan secara daring,” tandasnya.

Hal senada pun disampaikan Juru Bicara Komisi Yudisial Miko Ginting. Menurutnya, antusiasme publik hadir karena adanya sosialisasi dari KY.

“Antusiasme publik hadir karena sosialisasi, pergi ke tempat potensial yang mengajukan para calon, misalnya pergi ke palembang mengadakan sosialisasi, hasilnya tahun ini di periode awal pendaftaran itu memecahkan rekor, strategi jemput bola diterapkan,” tambah Miko. (RRI)

(Warto'i)