Sleman, Yogyakarta, Aktual.com – Ketua Divisi Pembinaan Suporter PSSI Budiman Dalimunthe mengatakan bahwa laga Piala AFF U-16 2022 Indonesia versus Filipina di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, dihadiri oleh sekitar seribu suporter.

Menurut Budiman, jumlah tersebut sesuai dengan total tiket yang terjual untuk laga itu.

“Ada sekitar 1.000 tiket yang terjual dan itu, bagi saya, sudah ramai,” ujar dia ketika dihubungi Wartawan dari Sleman, Yogyakarta, Ahad (31/7).

Budiman melanjutkan, ada beberapa hal yang membuat jumlah penonton di stadion tidak seperti pertandingan-pertandingan timnas biasanya.

Yang pertama, Piala AFF U-16 merupakan turnamen remaja yang peminatnya tak sama dengan timnas U-19, U-23 ataupun senior.

Kedua, suporter loyal timnas, yang biasanya berasal dari pendukung klub, sibuk menyokong tim kesayangan mereka yang berlaga di Liga 1 Indonesia.

“Jadi seribuan orang yang datang ke stadion ini bisa saja fan dari kalangan keluarga, bukan suporter yang biasanya dari klub,” tutur Budiman.

Wartawan Antara di Stadion Maguwoharjo melaporkan hingga pukul 18.30 WIB, tak ada kerumunan maupun antrean suporter Indonesia di lokasi.

Gerbang masuk penonton, yang berada di sisi timur stadion, juga tidak padat sehingga penonton bisa masuk dengan mudah tanpa perlu lama menunggu.

Meski begitu, suporter yang datang tampak semarak dengan membawa pernak-pernik timnas Indonesia seperti bendera Merah Putih, baju timnas dan drum untuk mengiringi yel-yel.

Sebagai informasi, kapasitas maksimal Stadion Maguwoharjo, Sleman, mencapai lebih dari 30 ribu penonton.

Pertandingan Grup A Piala AFF U-16 2022 timnas U-16 Indonesia versus Filipina berlangsung mulai pukul 20.00 WIB.

Di grup tersebut, Vietnam menjadi pemimpin klasemen sementara setelah menundukkan Singapura dengan skor 5-1 pada laga di Stadion Sultan Agung, Bantul, Ahad (31/7) sore.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)