Jakarta, Aktual.com — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Tina Nur Alam mengajak generasi muda untuk mengumandangkan dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung pada empat pilar kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Generasi muda penting untuk memegang teguh apa yang menjadi dasar dan ideologi bangsa yang termuat dalam empat pilar sebagai panduan kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Tina Nur Alam saat menggelar acara sosialisasi empat Pilar Kebangsaan di SMK 1 Lambandia Kabupaten Kolaka Timur, Sabtu (19/9).

Tina berpesan kepada peserta untuk jangan pernah mengaku-ngaku dirinya nasionalis jika belum benar-benar memahami isi dan makna dari Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika atau yang biasa kita kenal dengan Empat Pilar Kebangsaan.

“Pemuda itu harus mengambil bagian terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI. Maka dari itu, jangan mudah terpengaruh dengan ajakan-ajakan separatisme yang ada,” ujar legislator PAN dapil Sultra ini.

Tina mengatakan, sesuai dengan amanat Undang-undang melalui Sekretariat Jenderal MPR RI bahwa anggota MPR RI yang di dalamnya terdiri anggota DPR dan DPD harus melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pancasila, Undang-undang Negar Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika.

Ia mengatakan, Pancasila sebagai ideologi bangsa bukan hanya semata atau sebagai ‘lips service’ saja, akan tetapi Pancasila harus hidup dan diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tina Nur Alam, dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kolaka Timur dan panitia pelaksana atas kesuksesan kegiatan itu.

Usai penyampaian materi sosialisasi dilanjutkan dengan kuis kepada siswa siswi SMK yang menjadi peserta sosialisasi terkait materi yang disajikan, siswa yang menjawab dengan benar diberi hadiah.

Sosialisasi dengan sasaran utama ratusan pelajar tersebut dihadiri pula unsur pejabat di Kolaka Timur, diantaranya Penjabat Bupati Kolaka Timur, Anwar Sanusi, plh Sekda Kolaka Timur Ikbal Tongasa, Ketua DPRD Kolaka Timur, Rahmatia, Kepala Dinas Dikbudpora Kolaka Timur Surya Adelia Hutapea.

()

()