Jakarta, Aktual.com —  Pasangan independen calon Wali Kota dan wakil Wali Kota Magelang, Jawa Tengah, Joko Prasetyo-Priyo Waspodo, telah menyerahkan kekurangan syarat 6.190 dukungan ke KPU setempat.

“Pasangan perseorangan tersebut telah mengumpulkan 6.190 dukungan dari kekurangan syarat minimal dukungan yang harus dikumpulkan sebanyak 5.742 dukungan,” ujar Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron di Magelang, Sabtu (8/8).

Ia mengatakan setelah dilakukan analisis dukungan ganda dan ada pendukung tanpa foto kopi KTP jumlah dukungan tinggal 6.003 sehingga masih memenuhi kekurangan syarat minimal dukungan yang harus dikumpulkan.

“Sebanyak 6.003 dukungan tersebut yang harus kami verifikasi pada tingkat PPS berlangsung hingga 16 Agustus 2015 dan dilakukan rekapitulasi di KPU Kota magelang pada 21 Agustus 2015,” katanya.

Ia menuturkan agar lolos dalam persyaratan dukungan pasangan perseorangan tersebut, minimal hasil verifikasi nanti mendapatkan 2.871 dukungan sesuai kekurangan dukungan.

Basmar mengatakan untuk calon independen, selain dilakukan verifikasi syarat dukungan, juga dilakukan verifikasi administrasi yang perbaikannya berakhir pada 7 Agustus 2015, termasuk untuk pasangan calon yang diusung partai politik.

Bagi pasangan calon yang diusung gabungan partai politik, katanya, yang diverifikasi tinggal persyaratan calon, karena syarat pencalonan misalnya rekomendasi dari partai pengusung dan surat pernyataan pencalonan yang ditandatangani gabungan parpol, kalau tidak terpenuhi akan gugur saat pendaftaran.

“Syarat pendaftaran semua terpenuhi, tinggal di calonnya, misalnya kemarin baru sebatas surat pernyataan punya utang pajak masih dalam proses, hal itu saat pendaftaran kami terima. Saat perbaikan kemarin sudah harus ada surat keterangan dari kantor pajak dan kami lihat dalam penerimaan kemarin semuanya ada, cuma perlu penelitian lebih dalam lagi,” katanya.

Sebanyak tiga pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang, yakni Muh Haryanto-Agus Susatyo diusung koalisi Partai Demokrat dan PKB serta didukung Partai Golkar, Sigit Widyonindito-Windarti Agustina diusung PDIP, PAN, dan Partai Gerindra, dan Joko Prasetyo-Priyo Waspodo sebagai pasangan independen, mendaftar ke KPU setempat untuk Pilkada 2015.

()

(Eka)