Petugas gabungan dan warga bergotong royong membersihkan material longsor yang menerjang bangunan SD dk Desa Surenlor Kecamatan Bendungan, Trenggalek, Selasa (27/2/2024). (ANTARA)

Trenggalek, Aktual.com – Bangunan SD di Desa Suren Lor, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur mengalami kerusakan cukup parah akibat longsor yang terjadi pasca turun hujan di wilayah tersebut sejak Senin (26/2).

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Namun, bagaimanapun kerusakan bangunan menyebabkan proses belajar-mengajar siswa terganggu,” kata Kapolsek Bendungan Iptu Suswanto dikonfirmasi melalui telepon, Selasa (27/2).

Longsor terjadi pada Senin (26/2) sekitar pukul 15.00 WIB ketika tidak ada aktivitas belajar mengajar. Longsor itu terjadi pada bagian tembok plengsengan penahan kamar mandi dan gedung SDN 2 Surenlor bagian belakang dengan ketinggian 5 meter dan lebar 9 meter.

“Jadi padi bagian pondasinya, untuk bangunan gedung utuh. Tetapi pondasi yang ambrol,” imbuhnya.

Longsor menutup akses jalan menuju rumah warga, sehingga tim gabungan dikerahkan untuk membersihkan material longsor.

Pembersihan tidak bisa dilakukan pascakejadian lantaran curah hujan yang kerap mengguyur sehingga dikhawatirkan terjadi longsoran susulan.

Suswanto menyebut longsor dipicu oleh hujan lebat sejak pukul 04.00 WIB.

“Sebelahnya (bangunan yang ambrol) itu rumah warga. Petugas gabungan tadi sudah melakukan gotong-royong pembersihan material bersama masyarakat,” paparnya.

Dalam kegiatan gotong-royong tersebut, petugas gabungan terlihat bekerja sama dengan warga.

“Mereka melakukan gotong royong pembersihan material bersama masyarakat,” imbuhnya.

Akibat peristiwa itu kerugian ditaksir mencapai Rp50 juta.

Dia mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat terjadi hujan lebat. Pasalnya wilayah Kecamatan Bendungan menjadi salah satu daerah yang rentan berpotensi dilanda longsor.

“Kami imbau untuk selalu hati-hati dan waspada,” katanya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Sandi Setyawan

Tinggalkan Balasan