Cover Mushaf Al Quran Isyarat yang diterbitkan Kementerian Agama.

Jakarta, Aktual.com – Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran (LPMQ), Balitbang dan Diklat, Kementerian Agama, menawarkan 10 jenis master mushaf Al Quran siap cetak secara gratis untuk masyarakat Indonesia.

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag, Suyitno, mengungkapkan inisiatif ini sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk menjaga kesahihan mushaf Al Quran.

“Saat ini di LPMQ ada 10 jenis master mushaf Al Quran. Kami sediakan bagi siapa saja yang ingin menerbitkan Al Quran di Indonesia. Silakan, layanan ini cuma-cuma alias gratis,” ujar Suyitno di Jakarta, Selasa (28/11).

Proses pentashihan yang teliti dan berulang-ulang telah dilakukan oleh tim pentashih Al Quran Kemenag untuk memastikan kesahihan setiap master mushaf. Abdul Aziz Sidqi, Kepala LPMQ, menekankan pentingnya proses pentashihan yang tetap diperlukan jika ada pihak yang akan mencetak Al Quran menggunakan master mushaf dari LPMQ.

“Meskipun menggunakan master mushaf dari LPMQ, kalau mau dicetak tetap harus ditashihkan terlebih dahulu. Sehingga tetap harus ditashih kembali oleh LPMQ,” kata Aziz.

LPMQ akan terus menambah jumlah master mushaf Al Quran yang siap cetak untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengajak penerbit Al Quran untuk mewakafkan master mushafnya kepada LPMQ.

“Penambahan varian master mushaf akan terus kami lakukan. Insya Allah, di tahun 2024 master Mushaf Al Quran Isyarat 30 juz juga sudah tersedia,” tambah Aziz.

Masyarakat yang ingin memperoleh master mushaf Al Quran siap cetak dari LPMQ dapat mengisi formulir permohonan dan melengkapi form administratif di alamat https://tashih.kemenag.go.id/permohonan. Adapun 10 jenis master mushaf yang tersedia meliputi Surah Yasin dan Tahlil, Mushaf 30 Juz Rasm Utsmani khat Isep Misbah, Mushaf Al Quran 30 Juz Rasm Utsmani khat Utsman Taha, dan lainnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Jalil

Tinggalkan Balasan