Jakarta, Aktual.com – Ketua Lembaga Dakwah PBNU, Maman Imanulhaq membenarkan kabar wafatnya KH Hasyim Muzadi, pagi ini, Kamis, (16/3). Tokoh Nahdlatul Ulama itu menghembuskan nafas terakhirnya di usia 72 tahun.

Dalam kenangannya, Anggota Komisi VIII DPR RI ini mengatakan, Kyai Hasyim adalah sosok yang memberi inspirasi kepada masyarakat dengan bahasa yang mudah dipahami. Misalnya, bagaimana cara menjelaskan posisi Islam dalam kehidupan global dan peran para Dai dalam membangun bangsa dan Negara.

“Sosok yang punya kepedulian terhadap nasib kyai dan pesantren. Selain orator beliau adalah pendengar yang baik,” ujar Maman di Jakarta, Kamis (16/3).

Politikus PKB ini melanjutkan, Kyai Hasyim juga tanpa lelah meneguhkan kembali komitment Islam ahlussunah wal jamaah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Serta mensosialisasikan hal itu hingga ke luar negeri.

“Kaum muda seperti kami sangat kehilangan Kiai Hasyim,” ungkap Maman.

KH Ahmad Hasyim Muzadi, meninggal pada pagi ini, hari kamis, 16 maret 2017 pada pukul 6.15 wib, setelah menjalani perawatan intensif di RS Lavalette, Malang, Jawa Timur.

Jenazah rencananya akan diberangkatkan ke pesantren Al-Hikam, Depok dari Malang bakda dzuhur hari ini, dan akan dishalatkan di masjid Al-Hikam setibanya di pesantren di Jalan H. Amat, Kukusan, Beji, Kota Depok, Jawa Barat.

Laporan: Nailin in Saroh

(Andy AbdulHamid)