Ilustrasi Vitamin/Antara
Ilustrasi Vitamin/Antara

Jakarta, Aktual.com – Vitamin C,D,E, dan multivitamin yang mengandung Zinc menjadi vitamin yang disarankan untuk dikonsumsi oleh pasien COVID-19. Namun apakah sebenarnya manfaat dari kandungan obat- obatan itu?

Medical Senior Manager PT Kalbe Farma Dokter Esther Kristiningrum membagikan beberapa fakta mengenai manfaat dari kandungan vitamin dan Zinc untuk membantu pemulihan tubuh seseorang yang terpapar SARS-CoV-2.

“Vitamin C itu berguna untuk aktivitas antioksidan dan antiinflamasi. Ia berfungsi sebagai imunomodulator untuk mendukung proliferasi, neutrofil, monosit, fagosit dan meningkatkan kemotaksis dan kemampuan fagosit neutrofil serta meningkatkan aktivitas tubuh,” kata dokter Esther dalam keterangannya ditulis, Kamis.

Selanjutnya untuk kandungan vitamin D, dokter Esther memiliki fungsi umum membantu efek antiinflamasi di dalam tubuh dan meningkatkan respon dari imun bawaan.

Secara ilmiah vitamin ini dapat meningkatkan barier epitel dan meregulasi respons dari imunitas.

Untuk vitamin E, pada orang yang mengonsumsinya akan terdapat manfaat produksi antibodi. Vitamin yang juga dikenal memberikan manfaat antioksidan ini juga turut membantu tubuh mempertahankan integritas membran sel, meningkatkan aktivitas makrofag, sel NK, serta meningkatkan proliferasi sel limfosit T.

Terakhir untuk kandungan Zinc, multivitamin dengan kandungan Zinc diberikan pada penderita COVID-19 untuk bisa membantu tubuh menghambat replikasi virus.

Kandungan ini berfungsi menjaga barrier epitel dan mukosiliar saluran napas, menjadi kofaktor penting pada beberapa enzim yang terlibat pada sistem imun, meningkatkan aktivitas sel NK & makrofag, berperan pada proliferasi, diferensiasi, maturasi limfosit dan leukosit lainnya.

Melihat manfaat- manfaat tersebut maka dari itu penting bagi penderita COVID-19 mengonsumsi vitamin C,D,E, dan Zinc.

Vitamin dan Zinc juga termasuk dalam paket obat yang diberikan lewat 11 layanan telemedisin untuk membantu masyarakat Indonesia menjalankan proses isolasi mandiri jika terpapar COVID-19 jika mengalami gejala ringan atau bahkan tanpa gejala.

Lewat layanan telemedisin, masyarakat dapat mendapatkan konsultasi dengan dokter dan diberikan resep paket obat selama 10 hari menjalankan penanganan isolasi mandiri.

Kalbe Farma melalui anak usahanya yaitu KlikDokter turut terlibat dalam pemberian layanan telemedisin isolasi mandiri yang digagas oleh Kementerian Kesehatan RI.

Ada pun layanan telemedisin lainnya yang bisa menjadi rujukan untuk pengobatan COVID-19 lewat isolasi mandiri selain KlikDokter di antaranya aplikasi AloDokter, GoodDoctor, Halodoc, Klinikgo, SehatQ, YesDok, ProSehat, LinkSehat, MILVIK, dan Getwell.

Aplikasi ini bisa diunduh dan dipasang di ponsel pintar anda baik di Android maupun IPhone.

(Antara | Diva Ladieta)

(Aktual Academy)