Jakarta, Aktual.com – Wakil Menteri Luar Negeri Maroko Mounia Boucetta dalam pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Luar Negeri RI A.M. Fachir menyampaikan keinginan Maroko untuk menjadi mitra sektoral ASEAN.

“Kunjungan ke sini merupakan kesempatan bagi kami untuk menyampaikan pencalonan kami sebagai mitra dialog sektoral negara-negara ASEAN,” kata Wamenlu Mounia Boucetta di Jakarta, Selasa (13/2).

Ia menyampaikan bahwa Maroko ingin berkolaborasi dan bekerja sama dengan masing-masing negara di kawasan Asia Tenggara.

“ASEAN menarik bagi kami karena walaupun kami punya kerja sama bilateral dengan beberapa anggota ASEAN, tetapi menjalin kemitraan sektoral dengan ASEAN secara keseluruhan sangat penting karena kami melihat kita bisa membangun kemitraan yang sangat baik,” ujar dia.

Menurut Boucetta, Maroko mempunyai potensi besar menjadi mitra sektoral yang baik untuk mempromosikan pembangunan serta berbagi pengalaman dan praktik terbaik dengan negara-negara di kawasan ASEAN.

Menanggapi minat Maroko untuk menjadi mitra sektoral ASEAN itu, Wamenlu RI Fachir menyampaikan beberapa saran bagi pemerintah Maroko, salah satunya adalah mendorong Maroko untuk melakukan pendekatan dengan masing-masing negara anggota ASEAN.

(Andy AbdulHamid)