Panitia memotong daging hasil kurban Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1438 H di Jakarta, Jumat (1/9). Panitia akan menyalurkan daging kurban ke yayasan, panti sosial, dhuafa dan asrama yatim piatu. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Pengurus Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat akan menerapkan pola baru dalam pendistribusian daging kurban Idul Adha 1438 Hijriah, yaitu dengan cara membagi-bagikannya secara langsung kepada warga yang membutuhkan.

“Untuk Idul Adha tahun ini, pola pendistribusian daging hewan kurban sudah diubah. Kami akan membagikan daging kurban secara langsung kepada warga,” kata Kepala Bidang Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah di Jakarta, Jumat.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, menurut dia, pola pendistribusian daging kurban dilakukan dengan cara membagikan kupon kepada warga. Setelah menerima kupon, warga harus menunggu untuk mendapatkan daging tersebut.

“Kalau tahun-tahun sebelumnya masyarakat harus datang ke Masjid Istiqlal, kemudian mengantre untuk mendapatkan kupon, lalu menunggu lagi untuk mendapatkan daging kurban, sekarang kami ubah polanya,” ujar Abu.

Kali ini, dia menuturkan pihak pengurus Masjid Istiqlal akan mendatangi warga secara langsung. Masyarakat yang diprioritaskan adalah warga yang bermukim di sekitar wilayah Masjid Istiqlal.

“Kami, panitia Masjid Istiqlal yang akan mendatangi masyarakat secara langsung. Tentunya, masyarakat yang diprioritaskan adalah warga yang rumahnya paling dekat dengan Masjid Istiqlal,” ujar Abu.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan sebelum mulai membagikan daging kurban, pihaknya telah lebih dulu melakukan pembagian zona sekaligus survei untuk mengetahui siapa saja warga yang berhak menerima daging kurban tersebut.

(Nebby)