Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri saat melantik Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) menjadi Ketua Bidang Kebudayaan DPP PDIP di kantor DPP PDIP jalan Dipenogoro, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2019). akan bertolak ke Jakarta, untuk dilantik sebagai salah satu pengurus DPP PDI Perjuangan / PDIP, Senin (19/8/2019). AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri meminta media massa untuk lebih memberi ruang terhadap pemberitaan berbagai isu seputar perubahan iklim.

“Seharusnya media memberikan ruang yang lebih kepada masalah yang namanya perubahan iklim ini, untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat Indonesia yang menurut saya pada saat ini kecenderungannya masih pasif,” ujar Megawati di Gedung Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Jakarta, Senin (25/11).

Menurut Megawati, pemberitaan terkait isu perubahan iklim yang dikeluarkan oleh lembaga-lembaga terkait seperti BMKG, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), maupun Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) sudah seharusnya disiarkan secara lebih aktif.

Terlebih di daerah-daerah yang berpotensi terjadi bencana alam. Mega berharap stasiun televisi lokal ke depan lebih banyak memberi ruang terhadap pemberitaan terkait isu perubahan iklim.

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu berharap dengan masifnya penyiaran dari berbagai media massa, diharapkan pemahaman masyarakat terhadap penanganan bencana alam yang disebabkan perubahan iklim dapat semakin terpupuk.

Banyaknya korban yang jatuh saat terjadi peristiwa bencana alam di Indonesia, kata Mega, tidak dapat dilepaskan dari kurangnya pengetahuan masyarakat tentang cara melindungi diri.

“Sebenarnya mereka dapat menolong dirinya sendiri kalau saja mereka, yaitu kesadaran bencananya itu cukup mengerti dan mau melaksanakan,” kata dia.

(Arbie Marwan)