Lukman Hakim Saifuddin

Gorontalo, Aktual.com – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan fasilitas di Mina, Arab Saudi harus ditingkatkan sebelum penambahan kuota jemaah haji dilakukan.

“Fasilitas di Mina harus ditingkatkan kapasitas daya tampung secara signifikan,” ucap Lukman saat berada di Gorontalo, ditulis Sabtu (14/10).

Ia mengungkapkan bahwa kuota haji terus diupayakan agar bertambah, tapi yang perlu disadari adalah jangan terjebak pada isu penambahkan kuota semata, selama fasilitas di Mina, Arab Saudi belum dibangun dengan baik.

“Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Makkah, Madinah dan Arafah sudah mengalami perluasan, karena memang tidak ada batasan,” ungkapnya.

Tapi di Mina menurut Lukman, tidak bisa diperluas karena secara agama sudah ditentukan.

“Jadi satu-satunya cara untuk meningkatkan fasilitas di Mina adalah meningkatkan tenda-tenda dan toiletnya. Karena itu adalah dua hal yang menjadi kebutuhan mutlak bagi jemaah,” jelasnya, lagi.

Jika peningkatan fasilitas di Mina belum terjadi, maka menambah kuota justru bisa menimbulkan ancaman keselamatan jemaah haji Indonesia.

“Pemerintah saat ini sedang memperjuangkan agar Pemerintah Arab Saudi memprioritaskan membangun Mina menjadi lebih baik,” tambah Lukman.

 

Ant.

()