Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat rapat kerja dengan Komisi II DPR, Jakarta, Kamis (24/5/18). Mendagri berharap Pilkada Serentak 2018 berjalan lancar. Pasalnya, Mendagri khawatir kelancaran pilkada terganggu dengan suasana pertarungan Pilpres 2019 yang sudah terasa sejak saat ini. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan Pemerintah Daerah (Pemda) harus melakukan inovasi sekecil apapun.

“Pemerintah daerah harus melakukan inovasi sekecil apapun, yang kedua pembangunannya harus terintegrasi, kemudian masyarakat juga harus dibangun mengikuti budaya baru,” ujar Tjahjo saat ditemui di Jakarta Conventional Centre, Jakarta Pusat, Rabu (18/7).

Budaya baru, menurut dia, salah satu contohnya seperti adanya transportasi Moda Raya Terpadu (MRT) yang membudayakan masyarakat untuk disiplin dan tertib peraturan seperti mengantre.

Soal pembangunan yang terintegrasi, Tjahjo mencontohkan persoalan sampah yang perlu dikelola pemda dengan baik, salah satunya diolah hingga menghasilkan energi.

“Supaya jangan sampai menimbulkan kekumuhan dan kekotoran, misalnya,” tambah dia.

(Abdul Hamid)