Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi

Jakarta, Aktual.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan sepeda motor saat mudik atau perjalanan jauh pada libur Natal 2023 dan tahun baru (Nataru) 2024.

Sebagai alternatif, Budi menyatakan bakal menyediakan kendaraan umum gratis.

“Kami sediakan angkutan massal, kami sediakan bus gratis, kereta gratis, kapal gratis,” Ujar Budi di Bogor, Sabtu (9/12).

Meski tidak sepenuhnya melarang, Budi mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh.

“Tapi bukan berarti jangan naik motor, boleh, tapi jarak dekat saja. Kalau jauh, itu bahaya,” ungkapnya, menekankan keselamatan sebagai prioritas.

Dalam upaya mengatasi peningkatan mobilitas saat Nataru, Budi melakukan survei yang memperkirakan pergerakan masyarakat akan naik 43 persen atau mencapai 107 juta orang.

“Riset ini dilakukan oleh kami dan beberapa lembaga yang kredibel sehingga menghasilkan suatu survei yang naik 43 persen dari tahun yang lalu, yaitu 107 juta,” kata Budi.

Budi juga menyoroti bahwa pergerakan masyarakat saat Nataru didominasi oleh perjalanan wisata, dengan konsentrasi tertinggi menuju Yogyakarta dan Bali.

Dengan harapan agar libur Nataru berjalan lancar, Budi mengimbau masyarakat untuk berlibur dekat-dekat dan menghindari perjalanan jauh.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Firgi Erliansyah
Editor: Jalil

Tinggalkan Balasan