Pedagang menyortir buah durian yang sudah dibuka untuk dipaketkan di Medan, Sumatera Utara, Selasa (3/1). Buah durian yang dipaketkan dengan bungkusan kotak plastik tersebut dijual dengan harga Rp70 ribu per kotak untuk dipasarkan ke berbagai wilayah di pulau Jawa sebagai bahan kue bolu dan pancake. ANTARA FOTO/Septianda Perdana/pd/17

Lebak, Aktual.com – Buah durian lokal Putri Duduk hasil pengembangan budi daya petani Kabupaten Lebak, Banten, diburu konsumen penikmat durian karena memiliki rasa khas lezat, manis, dan beraroma.

Rohim (55) seorang pedagang durian di Jalan Gang Kibun Rangkasbitung, Banten, mengatakan dirinya merasa kewalahan melayani konsumen penikmat durian lokal Putri Duduk. Konsumen, kata dia, bukan hanya warga Kabupaten Lebak, namun datang dari Jakarta hingga Bandung.

Buah durian lokal Putri Duduk memiliki keunggulan dari rasa yang begitu legit, manis, dan beraroma, juga buahnya tipis dan berbeda dengan buah durian Montong atau Matahari.

Selain itu juga buah durian lokal Putri Duduk relatif terjangkau konsumen, karena harganya relatif murah dibandingkan durian Bangkok maupun Musangking.

Harga buah durian lokal Putri Duduk antara Rp75.000 sampai 100.000 per buah, namun kualitasnya sangat memuaskan konsumen.

(Andy AbdulHamid)