Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution

Jakarta, Aktual.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai pertumbuhan ekonomi pada triwulan III-2018 sebesar 5,17 persen sudah merupakan pencapaian yang baik dalam situasi global yang penuh ketidakpastian.

“Ini menjadi penting, karena dalam situasi tekanan global, akibat perang dagang, normalisasi kebijakan The Fed, CPO harganya naik, kita tetap bisa mempertahankan pertumbuhan itu,” kata Darmin di Jakarta, Selasa (6/11).

Ia mengatakan pertumbuhan ekonomi yang didukung oleh kinerja konsumsi rumah tangga maupun investasi ini sudah relatif memadai, meski banyak terdapat faktor internal maupun eksternal yang berpotensi menyebabkan perlambatan.

Dengan kondisi ini, Darmin memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada akhir tahun bisa berada pada kisaran 5,2 persen, walau belum memenuhi target yang ditetapkan sebelumnya sebesar 5,4 persen.

Meski demikian, Darmin menyoroti laju ekspor yang belum bisa memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan tingginya impor yang dibutuhkan untuk investasi dalam periode ini.

(Bawaan Situs)