Rini Suwandi

Jakarta, Aktual.com – Kementerian BUMN mengangkat mantan Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Budi Gunadi Sadikin sebagai Dirut PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero).

Budi yang selepas jadi Dirut Bank Mandiri diangkat sebagai Staf Ahli Menteri BUMN Rini Soemarno ini memang terkenal sangat dekat dengan Rini. Dia juga orang yang ngotot memperjuangkan holding BUMN.

Dan bisa jadi langkah Rini mengangkat Budi sebagai orang nomor satu di Inalum ini sebagai akal-akalan Rini untuk mempercepat proses holding di sektor tambang. Dimana Inalum akan menjadi perusahaan holding-nya. Di bawahnya akan ada antara lain PT Aneka Tambang (Persero) Tbk.

Budi diplot untuk menggantikan Dirut sebelumnya, Winardi Sunoto. Proses penyerahan salinan Keputusan Menteri BUMN terkait pengangkatan dan pemberhentian itu dilakukan di Gedung Kementerian BUMN, Kamis (14/9).

Keputusan Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Perseroan (Persero) Indonesia Asahan Alumunium Nomor SK-197/MBU/09/2017 tanggal 13 September 2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Indonesia Asahan Alumunium.

(Andy AbdulHamid)