Selama musim kemarau tahun ini, Dinas Kebakaran Kota Yogyakarta sudah menangani sejumlah kasus kebakaran di lahan kosong, bahkan dalam sepekan terakhir terjadi tiga kali kebakaran lahan yaitu pada Minggu (18/8) kebakaran pohon dan ilalang di lahan kosong di Kelurahan Gowongan Kecamatan Jetis.

Pada Selasa (20/8) juga terjadi kebakaran sampah di lahan kosong yang berada di Kelurahan Bumijo Kecamatan Jetis, dan pada Rabu (21/8) terjadi kebakaran lokasi pembuangan sampah di Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegalrejo.

Kejadian kebakaran lahan kosong juga terjadi pada Juni di Kelurahan Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, yang sementara diduga disebabkan korsleting listrik, dan pada Mei terjadi kebakaran rumpun bambu di Kelurahan Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, yang diduga disebabkan petasan.

“Kami juga sempat membantu beberapa kali pemadaman kebakaran lahan kosong di beberapa kabupaten seperti di Sleman,” katanya.

Dinas Kebakaran Kota Yogyakarta, lanjut dia, juga melakukan pelatihan bersama dengan dinas kebakaran dari kabupaten lain di DIY untuk melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan.

(Abdul Hamid)