533556135

Jakarta, Aktual.com — Kabar terbaru datang dari NASA. Badan Antariksa Amerika Serikat itu menyatakan, bahwa baru saja meresmikan kantor baru yang bertujuan untuk melindungi Planet Bumi dari potensi serangan ‘kiamat’ asteroid.

Kantor Koordinasi Pertahanan Planet Bumi rancangan NASA akan mengawasi seluruh usaha Badan Antariksa Dunia untuk mendeteksi serta melacak objek dekat Bumi.

Dan, juga berkoordinasi dengan Lembaga Federal lainnya serta negara-negara lain untuk menjadi lebih siaga. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Departemen NASA, Lindley Johnson. Selain itu, Johnson juga merupakan Eksekutif dari “Program Obyek Dekat Bumi”, yang sekarang merupakan bagian dari kantor baru tersebut.

“Pembentukan Planetary Defense Coordination Office membuat lebih jelas, NASA berkomitmen untuk melakukan peran kepemimpinan nasional dan internasional dalam upaya mendeteksi dampak bahaya alam tersebut,” ujar Lindley.

Jika lembaga dan organisasi internasional lainnya tidak mampu membelokkan benda angkasa yang menuju Bumi, NASA mengatakan, Departemen baru yang dipimpinnya tersebut bisa bekerjasama untuk mempersiapkan orang-orang di Bumi dengan menyiagakan mereka di zona dampak potensial serta membantu Lembaga Tanggap Darurat seperti “FEMA”.

NASA mendeteksi sekitar 1.500 benda baru di dekat Bumi setiap tahun, dan beberapa lembaga berkeyakinan telah menemukan 90 persen dari objek yang berada 3.000 kaki atau lebih besar.

Sekarang, mereka berharap untuk mendeteksi lebih kecil tapi masih berpotensi bahaya benda sekitar 450 kaki atau lebih besar, sekitar 75 persen dari yang saat ini tidak terdeteksi.

“Ini memang untuk deteksi Asteroid, pelacakan dan pertahanan Planet kita adalah sesuatu yang NASA lakukan, dan komunitas global mengambil langkah yang sangat serius,” ungkap Lindley menambahkan.

John Grunsfeld, Administrator Asosiasi untuk Direktorat Misi Sains NASA, mengatakan, “Meskipun tidak ada ancaman namun, dampak yang dikenal saat ini, Super-bola api Chelyabinsk pada 2013 dan pendekatan dekat baru-baru ini ‘Halloween Asteroid’ mengingatkan kita, mengapa kita perlu tetap waspada dan menjaga mata kita menatap langit,” terang Jhon.

Untuk Kantor baru NASA ini, NASA mengungkapkan, bahwa anggaran federal yang disetujui bulan lalu sekitar 50 juta dolar AS, untuk pengamatan objek dekat-bumi dan pertahanan Planet Bumi. Anggaran itu naik dari sebelumnya 4 juta dolar AS pada 2010 lalu. (Sumber: Huffington Post, NASA, Telegraph)

()

()