Menko bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan (kiri) bersama Menko PMK Puan Maharani berbincang sebelum mengikuti rapat terbatas Evaluasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas Provinsi Lampung di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (6/3). Presiden mendorong pelaksanaan proyek strategis Provinsi Lampung fokus pada keunggulan daerah dan berdampak langsung untuk mengentaskan kemiskinan sebanyak 13,86 persen penduduk miskin di provinsi tersebut. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/ama/17

Jakarta, Aktual.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim, dana pinjaman dari Bank Dunia untuk pengembangan Bandara Sibisa di Sumatera Utara akan segera cair.

Dana pinjaman sebesar 300 juta dolar yang diberikan pada akhir 2017 itu akan cair sebagian untuk dapat digunakan untuk pengembangan Sibisa.

“Sekarang proses pencairannya, Bu Ani (Menteri Keuangan Sri Mulyani) cerita sama saya bahwa mungkin dalam satu-dua bulan ini. Itu nanti sekitar 100 juta dolar AS atau Rp1,3 triliun akan masuk di Sibisa Area,” kata Luhut di Jakarta, Minggu (4/2).

Bandara Sibisa yang terletak di Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba Samosir akan menjadi pintu terdekat menuju kawasan wisata selain Bandara Silangit.

Sementara khusus untuk Silangit, Luhut meminta Bupati Tapanuli Utara agar menata bandara yang menjadi hub wisata dari Asia Selatan ke Asia Tenggara.