Jakarta, Aktual.com – Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk perubahan iklim atau COP28 di Dubai telah memasuki hari kedua dengan antusiasme tinggi.

Para pemimpin dunia, termasuk Presiden Kenya William Ruto, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, dan Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman Al Saud, juga akan berbicara pada pertemuan tersebut. Pidato para pemimpin hari kedua dijadwalkan pada Sabtu (2/12).

Penyelenggara COP menetapkan tema berbeda-beda setiap harinya, mencakup isu-isu seperti pendanaan iklim, pendidikan, pemuda, alam, dan kesehatan masyarakat.

Di tengah pertemuan, pada 7 Desember, akan diadakan “hari istirahat” sementara program resmi dihentikan.

Sejumlah janji iklim diharapkan dibuat oleh pemerintah, perusahaan, dan organisasi nirlaba selama konferensi.

Pada pembukaan, tuan rumah Uni Emirat Arab dan negara-negara ekonomi besar mengumumkan kontribusi mereka terhadap dana baru PBB untuk membantu negara-negara miskin mengatasi kerugian bencana iklim.

Lebih dari 70 ribu delegasi, termasuk negara-negara anggota Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC), turut serta dalam COP28.

Acara ini melibatkan berbagai pihak, seperti pengusaha, generasi muda, ilmuwan iklim, masyarakat adat, jurnalis, dan pemangku kepentingan lainnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Firgi Erliansyah
Editor: Jalil

Tinggalkan Balasan