Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelar rapat paripurna sekaligus membuka masa persidangan III tahun sidang 2016-2017. Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPR Setya Novanto didampingi Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Agus Hermanto, Taufik Kurniawan dan Fahri Hamzah ini dihadiri oleh 377 anggota dari seluruh fraksi di gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (10/1/2017). DPR menetapkan Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2017. Hasilnya, sekitar 50 RUU masuk dalam prolegnas 2017. Dengan rincian, 32 RUU dari DPR, 15 RUU berasal dari pemerintah dan 3 lainnya dari DPD. Serta pelantikan beberapa anggota baru atau PAW. AKTUAL/Tino Oktaviano
Jakarta, Aktual.com – DPR RI telah menyetujui Rancangan Undang-undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 disahkan menjadi Undang-Undang dalam rapat paripurna, Rabu (25/10).
APBN 2018 yang disepakati mencantumkan target pendapatan negara sebesar Rp 1.894,7 triliun dan pagu belanja negara Rp 2.220,7 triliun. Pengesahan tersebut juga dibarengi persetujuan pembangunan gedung baru parlemen.
“Pemerintah sudah ada anggaran Rp. 601 miliar. Dikhususkan untuk perencanaan saja,” ujar Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (26/10).
Agus menuturkan, dana tersebut tidak termasuk untuk pembangunan gedung, alun-alun demokrasi, DPD dan DPR. Namun hanya konsultan saja, sehingga komplek parlemen bisa tertata dengan perencanaan yang matang.
“Ini khusus untuk perencanaan. Untuk pelaksanaan sepenuhnya diserahkan ke pemerintah, dalam hal ini KemenPUPR. Dan yang melakukan bisa saja BUMN,” katanya.