Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta

Jakarta, Aktual.com – Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno menuturkan bahwa Anies gagal memanfaatkan suara kelompok-kelompok yang kecewa dengan Jokowi. Suara kelompok-kelompok tersebut justru menyebar ke kandidat lain yang berada dalam pemerintahan.

“Pemilih Islam itu tidak total ke Anies Baswedan, terdistribusi ke Sandiaga Uno ataupun Prabowo Subianto, tidak otomatis ke Anies Baswedan. Sekali pun Prabowo koalisi dengan pemerintah, sedikit banyak dimaafkan pemilih Islam yang kritis,” tuturnya dalam diskusi di Jakarta, Minggu (6/3).

Adi menyebut Anies punya pekerjaan rumah meyakinkan kelompok religius dan kelompok yang kecewa dengan pemerintah. Pasalnya, selama ini suara kelompok-kelompok tersebut tersebar ke sejumlah tokoh oposisi, seperti Ustaz Abdul Somad dan Gatot Nurmantyo.

“Kalau ada sosok Islam yang beririsan dengan kelompok-kelompok Islam lain, kelompok-kelompok kritis yang kecewa terhadap pemerintah, saya kira di situ problem Anies apakah bisa mengonversi kekecewaan umat Islam hanya menjadi miliknya atau justru dia akan terdistribusi ke yang lain,” kata Adi.

(Dede Eka Nurdiansyah)