Tangerang, aktual.com – Pemerintah Kota Tangerang, Provinsi Banten mempercepat sejumlah proyek pembangunan, terutama yang berkaitan dalam penanggulangan banjir.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Rabu menjelaskan bahwa beberapa proyek tersebut di antaranya peninggian jembatan, penambahan pompa air yang berada di Pintu Air Situ Bulakan, pembangunan turap Sungai Cirarab yang ada di perumahan Total Persada, dan pengerukan serta pembersihan eceng gondok yang menghalangi aliran air.

Dalam pantauannya ke proyek peninggian Jembatan Saluran Irigasi yang ada di Jl. TMP Taruna, dirinya meminta kepada Dinas PUPR agar turunan dibuat tidak terjal.

“Ini kurang landai jalurnya. Usahakan jangan sampai mengganggu pengguna jalan, pengerjaannya harus cepat supaya tidak bikin macet,” katanya.

Begitu juga dengan hasil pantauan di Pintu Air Situ Bulakan, Kecamatan Periuk, wali kota meminta kepada Dinas PUPR untuk mengoptimalkan pompa air dalam mengatasi banjir dan genangan.

Dikatakannya, pompa air yang ada di Pintu Air Situ Bulakan, Kecamatan Periuk, ditambah empat buah sehingga mempercepat penarikan air ke Sungai Cirarab.

“Harus cepat selesai, kekuatan pompa airnya juga harus sama. Jadi nanti saat air naik bisa maksimal kerjanya,” katanya kepada jajaran Dinas PUPR yang ikut serta.

Wali kota juga memantau proyek pembangunan turap setinggi 2,5 meter yang ada di sepanjang Sungai Cirarab Total Persada.

“Dicek juga turap yang lama ada yang bocor tidak, jangan sampai saat air tinggi baru laporan. Dipercepat ya, supaya aman masyarakat,” demikian Arief R Wismansyah. (Eko Priyanto)

(Zaenal Arifin)