Jakarta, Aktual.com — Satu hari menjelang ditutupnya pendaftaran calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi jilid IV, panitia seleksi kembali mencatat kandidat berjenis kelamin perempuan.

Meski tidak sampai 10 persen dari total calon yang mendaftar, munculnya belasan nama itu menjadi bukti kaum hawa juga mempunyai semangat untuk memberantas korupsi di tanah air.

“(Perempuan) yang sudah mendaftar 14 orang,” ujar juru bicara pansel pimpinan KPK, Betti Alisjahbana saat dikonfirmasi, Selasa (23/6).

Betti mengatakan, total capim KPK yang sudah melengkapi persyaratan administrasi, sudah menginjak di angka 200 dan masih didominasi kalangan pengacara. “Sampai hari ini, 217 yang sudah mendaftar ke pansel,” kata dia.

Namun demikian, berbagai lembaga negara lainnya seperti Polri dan Kejaksaan Agung tak mau terlihat loyo semangat memberantas korupsi. Mereka juga tercatat mengirimkan para anggotanya untuk ikut seleksi pimpinan KPK jilid IV.

Dari pihak Kepolisian, terhitung tiga nama yang mendaftar, sedangkan Kejaksaan sudah mengirimkan lima jaksa terbaiknya. Pendaftara capim KPK akan ditutup pada 24 Juni mendatang. Dan dua hari berselang, tepatnya pada 27 Juni, pansel akan membeberkan identitas para pendaftar yang nantinya akan mengikuti proses seleksi lebih lanjut.‎

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Wisnu