Medan, Aktual.com – Pengamat politik dari Universitas Sumatera Utara (USU) Dadang Darmawan berpendapat idealnya pemimpin politik dilahirkan oleh partai politik.

Menurut dia, konsep pemimpin politik yang dilahirkan oleh partai politik dapat dilihat dari sejarah para tokoh-tokoh pemimpin Indonesia terdahulu yang mendapat pengakuan dunia. Seperti Soekarno, Muhammad Hatta dan Sutan Syahrir.

“Mereka dilahirkan oleh partai-partai politik dan merupakan pemimpin yang mendunia,” ujar Dadang kepada Aktual.com, Jumat (31/7) malam.

Kata dia, pada awalnya para politisi di Indonesia yang merupakan produk partai-partai politik merupakan politisi kelas dunia. “Bukan kelas ‘sampahan’ seperti sekarang yang bisa membeli partai politik,” ucap dia.

Dia menambahkan, para pemimpin yang lahir dari partai politik punya sisi positif yang lebih dibandingkan tokoh di luar partai. Salah satunya, meniadakan adanya mahar politik.

Karena itulah, Dadang berpendapat, satu-satu nya jalan menghindari biaya politik tinggi dan mahar politik adalah dengan kaderisasi partai. “Dan yang jadi calon adalah kader, sehingga proses dilaksanakan oleh partai itu sendiri. Selama bukan kader, akan sama saja terjadi (mahar politik),” ucap dia.

()

()