Jakarta, Aktual.com —  Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Arqam Azikin mengungkapkan, dalam waktu dekat akan ada perombakan kabinet kerja pemerintahan Jokowi-JK jilid II. Apalagi, dengan bergabungnya Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mendukung pemerintahan Jokowi-JK telah melalui deal politik, salah satunya adalah posisi kabinet di pemerintahan Jokowi-JK.

“Reshuflle kabinet dalam waktu dekat pasti akan dilakukan oleh Jokowi,” kata Arqam ke Aktual.com, Minggu (13/9).

Arqam memperkirakan, perombakan kabinet akan dilakukan oleh Jokowi paling lambat pada November mendatang.

“Kemungkinan Oktober atau paling lambat November tahun ini ,” ucapnya.

Pasalnya, menurut Arqam, perombakan kabinet menjadi sesuatu yang pasti  karena Jokowi dianggap sudah perlu  melakukan evaluasi menyeluruh dalam 1 tahun umur kementeriannya.

“Ini demi menentukan langkah-langkah strategis dan cepat, guna melaksanakan program pembangunan janji-janji politiknya kepada rakyat Indonesia,” jelasnya.

Olehnya itu, Jokowi harus berani mengganti menterinya yang belum bergerak cepat menjawab kebutuhan rakyat di seluruh Indonesia.

“Itulah resiko kerja bagi semua menteri dalam membuktikan pengabdiannya setelah ditunjuk oleh Presiden sebagai Menteri di kabinet kerja Jokowi – JK,” tutup Arqam.

()

(Eka)