Jakarta, Aktual.com — Tim pengawasan Kejaksaan Agung (Kejagung) menyudahi pemeriksaan terhadap mantan anak buah OC Kaligis, Fransisca Insani Rahesti, Senin (23/11).

Fransisca dimintai keterangan terkait kesaksian di Pengadilan Tipikor Jakarta, yang menyebut bahwa adanya dana USD 20 ribu telah disiapkan untuk Jaksa Agung Muhammad Prasetyo oleh Evy Susanti.

Uang itu disiapkan istri Gubernur Sumatera Utara nonaktif Gatot Pujo Nugroho terkait penanganan kasus dugaan korupsi dana hibah dan Bansos Sumut yang ditangani Kejati Sumut ke Gedung Bundar Kejagung‎.

“Diperiksa sebelum zuhur sudah selesai, keterangannya dalam pemeriksaannya menyatakan tidak benar soal adanya aliran uang untuk petinggi Kejagung,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Amir Yanto di Kejaksaan Agung Jakarta, Senin (23/11).

Dia menjelaskan, dari hasil pemeriksaan ini Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas) Kejagung menyimpulkan bahwa tidak benar adanya aliran dana yang masuk kepada petinggi Kejaksaan Agung.‎

“Pak Jamwas menyampaikan tidak terbukti sama sekali,” tutupnya.

Diketahui, Mantan anak buah OC Kaligis, Fransisca Insani Rahesti ‎mangkir dari panggilan tim pengawasan Kejaksaan Agung.

“Dia (Fransisca) engga hadir memenuhi panggilan kita, tanpa ada keterangan,” kata Inspektur II pada Jaksa Agung Muda Pengawasan, Babul Khoir di Kejaksaan Agung Jakarta, Jumat (20/11).

Pemanggilan Fransisca terkait kesaksian di pengadilan Tipikor Jakarta yang menyebut bahwa adanya dana USD 20 ribu telah disiapkan untuk Jaksa Agung HM Prasetyo oleh Evy Susanti. Uang itu terkait penanganan kasus dugaan korupsi dana hibah dan Bansos Sumut yang ditangani Kejati Sumut ke Gedung Bundar Kejagung.

(Nebby)