Jakarta, Aktual.com – Indonesia dengan Arab Saudi kini menjajaki kolaborasi digital dengan melakukan pengembangan startup unicorn umrah dan ekosistem.

Untuk mengetahui besutan kerjasama dengan nama Umrah Digital Enterprise, kami mencoba menjabarkan. Umrah digital yakni platform khusus yang dibangun dengan kerja sama antara Arab Saudi dengan startup nasional Indonesia.

“Proses baru di Indonesia. Pengurusan visa melalui aplikasi tanpa perlu ke kedutaan Arab Saudi atau Konsolat Jenderal Arab Saudi,” kata Menkominfo Rudiantara, ditulis Jumat (5/7).

Hal tersebut menurut Rudiantara bertujuan untuk memberi pengalaman beribadah yang lebih efisien, baik dari segi biaya maupun waktu bagi para calon jamaah melalui pemanfaatan teknologi digital dengan end-to-end solution.

“Dua startup unicorn yakni Tokopedia dan Traveloka didaulat dalam program ini,” paparnya.

Dikatakan Rudiantara bahwa platform tersebut akan membantu keperluan jamaah untuk persiapan umrahnya secara digital dan terintegrasi di satu platform termasuk menyeleksi biro travel yang kredibel, terpercaya, dengan biaya yang transparan.

(Abdul Hamid)