Aparat Kepolisian Satuan Narkoba Polres Lhokseumawe mengangkut barang bukti batang ganja siap panen saat operasi ladang ganja di Dusun Lhok Drieng, Desa Sawang, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Provinsi Aceh. Sabtu (3/10). Sekitar 12.000 batang ganja siap panen di atas lahan seluas empat haktar dimusnahkan dalam operasi itu, sementara pemilik lahan berhasil kabur pada saat disergap. ANTARA FOTO/Rahmad/foc/15.

Keerom, Aktual.com – Satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-PNG 406/CK berhasil menemukan dan menyita ladang ganja di Kampung Bompay, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, pada Minggu (3/1).

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas 406/CK, Letkol Inf Aswin dalam keterangannya mengatakan penemuan ladang ganja tersebut berkat informasi dari masyarakat setempat, kemudian segera ditindaklanjuti oleh Danpos Bompay Lettu Inf Karno.

“Jadi, penemuan itu berdasarkan informasi dari masyarakat yang tidak mau disebut identitasnya bahwa ada tanaman di pinggir sungai yang mirip ganja di dekat Kampung Bompay,” kata Letkol Aswin, Senin (4/1).

Kemudian, kata dia, Danpos Bompay Lettu Inf Karno segera menindaklanjuti dengan melaksanakan patroli.

“Pada Minggu (3/1), Lettu Inf Karno dengan delapan orang anggota langsung patroli untuk mengecek kebenaran informasi itu, setelah menyusuri sungai dan mengecek beberapa titik akhirnya pada kordinat 8785-3235 disela-sela pohon gelagah ditemukan pohon ganja yang tumbuh subur,” katanya.

Pohon ganja yang ditemukan itu cukup banyak dengan ketinggian antara dua hingga tiga meter dengan jumlah 17 pohon.

“Dan di dekat lokasi ladang ganja itu juga ditemukan ganja kering yang sedang dijemur diatas batu, selanjutnya semua pohon dicabut dan dibawa ke pos untuk diamankan,” tutupnya.

()

()