Jakarta, Aktual.com – Setelah melalui serangkaian proses yang cukup panjang, pemenang Kompetisi Jurnalistik Perusahaan Gas Negara (KJPGN) diumumkan Jum’at (7/02) di Auditorium Graha PGAS. Pemberian hadiah untuk para pemenang yang diberikan langsung oleh jajaran direksi dan manajemen PGN.

“PGN menyadari, media sebagai partner dalam membangun kesadaran publik akan pengelolaan energi lewat diskursus-diskursus di ranah publik yang membutuhkan pemahaman, kritik, masukan dan saran konstruktif untuk membangun kesamaan visi seluruh stakeholder nasional akan arah pengelolaan energi nasional yang berkelanjutan. Oleh karena itu, PGN mengadakan Karya Jurnalistik PGN secara konsisten untuk melahirkan karya-karya terbaik dalam isu energi khususnya energi baik gas bumi, dimana Indonesia dianugerahi dengan berkah sumber daya alam yang perlu dikelola optimal bagi kepentingan domestik,” kata Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso di Jakarta, ditulis Minggu (9/2).

PGN sangat mengapresiasi kegiatan yang sudah ke 6 kalinya diselenggarakan, sebagai bentuk kerjasama mutualisme dalam melahirkan karya jurnalistik di bidang energi dan pemanfaatannya di seluruh sektor. “Kami mengharapkan karya jurnalistik yang berkualitas, berimbang, dan bermanfaat bagi pemahaman publik tentang manfaat gas bumi secara lebih luas,” ungkap Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama.

KJPGN 2019 terbagi dalam 5 (lima) kategori yaitu hardnews cetak, hardnews online, foto cetak, foto online, dan features. Adapun peserta dari setiap kategori diikuti peserta yang berasal dari berbagai media baik media nasional maupun media daerah.

Panitia KJPGN 2019 melakukan kolektif baik berupa artikel dan foto jurnalistik dari media monitoring PGN sepanjang periode 1 Januari 14 Desember 2019. Berdasarkan hasil kolektif dan tambahan karya kiriman dari peserta pasca pengumuman KJPGN, terangkum 3.075 karya. Dari rangkuman karya tersebut, dilakukan penyaringan awal sehingga didapatkan 443 karya potensial. Kemudian pada tahap akhir seleksi, hasil karya yang dikirimkam ke dewan juri untuk dilakukan penilaian sebanyak 155 peserta.

Juri KJPGN tahun ini berasal dari media dan praktisi senior yang diakui dikancah dunia jurnalistik nasional. Adapun juri untuk kategori news yakni Direktur Pemberitaan Bisnis Indonesia Arif Budi Susilo, Pemimpin Redaksi Koran Tempo Budi Setyarso, dan Direktur Pemberitaan Beritasatu Media Holdings merangkap Pemimpin Redaksi Beritasatu TV dan Investor Daily Primus Dorimulu. Sedangkan kategori foto, adapun tim jurinya yaitu Redaktur Foto Kontan Hendra Suhara, Wakil Redaktusr Foto Kompas Agus Susanto, dan Pimpinan Fotografer EPA untuk Indonesia Mast Irham

“Proses penjurian dilakukan secara ketat. Kami telah merancang penjurian seobyektif mungkin. Kami beserta dewan juri sudah berkomitmen untuk professional dan independen sehingga didapatkan pemenang yang memang layak dan mampu menghasilkan harya jurnalistik terbaik. Pada KJPG 2019 kali ini, kami juga memberikan apresiasi khusus kepada tiga jurnalis yang memberikan perhatian Iebih, dalam penulisan artikel dengan isu terkait energi dan gas bumi,” jelasnya.

Menurut Rachmat, media massa berkembang dengan sangat cepat dengan ribuan konten diproduksi setiap hari. Melalui kompetisi seperti KJPGN 2019 dengan total hadiah mencapai Rp350 juta, PGN berharap bisa ikut berperan serta membangun kualitas jurnalis dalam memproduksi konten-konten bidang energi yang membangun untuk lndonesia.

PGN sebagai bagian dari stakeholders media massa memiliki tanggungjawab untuk bersama industry media, menjadi bagian dari solusi konstruktif bersama ditengah arus kecepatan dan kebebasan informasi. Apalagi sebagai pilar ke empat demokrasi, media memiliki peran strategis sebagai alat pemersatu bangsa.

Bagi PGN, media juga memiliki peran besar dalam PGN memainkan peran sebagai subholding gas nasional. Media juga mampu mengedukasi masyarakat untuk semakin memahami infrastruktur dan bisnis gas bumi PGN. Selain memberikan kualitas informasi terbaik, sekaligus memberikan gambaran mengenai tantangan pengelolaan gas bumi nasional.

Berdasarkan karya yang telah dikumpulkan baik berita maupun foto, menunjukkan bahwa PGN telah membawa energi baik pada seluruh sektor masyarakat hingga ke berbagai daerah. PGN tetap memiliki semangat dan motivasi yang besar untuk membawa gas bumi sebagai salah satu energi yang aman, efisein, dan ramah lingkungan. Oleh karenanya, PGN berharap antara media dan PGN dapat bersama-sama mengkampanyekan energi baik PGN yang disalurkan ke seluruh segmen pelanggan di sektor rumah tangga, kelistrikan, industri, UMKM, dan transportasi.

“Kami berharap, baik pemenang maupun peserta mendapatkan manfaat dari kegiatan ini bagi karirjurnalistik profesional mereka di bidang energi. Kedepannya, semoga kualitas jurnalistik Indonesia semakin baik sehingga turut memajukan perkembangan bisnis dan infrastruktur energi nasional,” pungkasnya.

PGN sebagai Subholding Gas diharapkan dapat menjalankan mandat untuk menjadi bagian strategis pemerintah dalam menyukseskan pemanfaatan gas bumi domestik serta berperan nyata dalam mencapai target bauran energi nasional sebagai upaya menjaga ketahanan energi nasional.

(Eka)