Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto saat konferensi pers di Jakarta, Senin (1/10/2018). Wiranto mengungkapkan, hingga saat ini sudah ada sedikitnya 18 negara yang telah menawarkan bantuannya kepada Indonesia untuk menangani korban gempa dan tsunami di Donggala dan Palu. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Menkopolhukam, Wiranto, menyampaikan kepada prajurit TNI harus tetap menjaga stabilitas keamanan negara seiring dengan memasuki tahun politik 2019.

“Tugas pokok mereka kecuali melawan musuh juga membantu kepolisian untuk bantu pengamanan negeri ini,” ujar Wiranto saat memberikan pembekalan kepada Danrem-Dandim di Pussenif, Kota Bandung, Selasa (27/11).

Wiranto mengatakan, peran TNI dan Polri sangat sentral dalam mengamankan berbagai agenda penting nasional. Stabilitas keamanan negara berdampak pada lancarnya kegiatan politik 2019.

“Kita tekankan ke sana peran mereka (TNI) itu juga bisa membantu kepolisian dalam hal-hal masalah keamanan nasional,” kata dia.

Ia mengaku telah memetakan daerah rawan terjadi konflik pemilu. Dari seluruh wilayah yang telah diidentifikasi, memiliki tingkat kerawanan berbeda-beda.

(Andy AbdulHamid)
1
2