Bogor, Aktual.com – Ketua DPR RI Setya Novanto didampingi Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah meninjau pembangunan Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia di Wisma Griya Shaba DPR RI Kopo, Bogor, Jawa Barat, Senin (3/4).

Dalam sambutannya, Novanto menyebut Pusdiklat ini merupakan salah satu cita-cita dari Fahri Hamzah.

“Pusdiklat DPR ini salah satu gagasan Fahri Hamzah, beliau juga kita angkat sebagai ketua tim reformasi DPR RI,” ujar Setya Novanto di Wisma Kopo, Bogor, Jawa Barat, Senin (3/4).

Sementara itu, Fahri Hamzah menjelaskan bahwa pusdiklat ini, tidak semata mata bagi DPR RI saja. Namun untuk seluruh lembaga maupun daerah. Sebab, DPRD pun belum memiliki tempat Pusdiklat.

“Diharapkan kedepan, semua DPRD juga bisa memanfaatkan ini untuk pelatihan, dan jika sistem demokrasi kuat, maka negara kita akan kuat,” ucap Fahri.

Fahri Hamzah menilai, Kehadiran Pusdiklat tersebut untuk mewujudkan masa depan SDM Parlemen yang cemerlang. Pusdiklat ini nantinya untuk pendidikan dan pelatihan bagi pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal Dan Badan Keahlian DPR RI. Pusdiklat menjadi pusat pembentukan Pegawai Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian yang unggul dan kompeten dalam mendukung fungsi DPR RI.

Dalam menjalankan tugasnya, kata dia, Pusdiklat memiliki arah kebijakan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas pegawai melalui kegiatan-kegiatan pendidikan dan pelatihan pegawai yang berkualitas dan sesuai kebutuhan.

Strategi yang digunakan dengan melibatkan unsur-unsur fungsional Setjen dan Badan Keahlian, akademisi dan praktisi dalam pengembangan program, kurikulum dan materi diklat. Kemudian, penguatan kelembagaan Pusdiklat melalui penerapan aturan terkait penyelenggaraan Diklat, serta pengembangan kapasitas dan kapabilitas SDM Pusdiklat melalui program sertifikasi, benchmarking, magang dan pelatihan/workshop/seminar/simposium/FGD.

“Hingga saat ini, Pusdiklat senantiasa melaksanakan peningkatan kompetensi Pegawai Setjen dan Badan Keahlian DPR RI dalam memberikan dukungan teknis, administratif, dan keahlian bagi Dewan, melalui pendidikan dan pelatihan, baik kompetensi teknis, administratif, maupun keahlian,” pungkas Fahri.

(Nailin Insa)

()