Jakarta, Aktual.com — Mayjend TNI (Purn) Kivlan Zein mengungkapkan keberadaan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Indonesia yang sudah bersiap melakukan gerakan makar. Para kader dan simpatisan PKI bahkan sudah dibekali dengan pendanaan hingga Rp 15 juta.

“Saat ini, mereka sudah ancang-ancang. Saya dapat informasi dari orang PDIP dan pendukungnya mendapat Rp 15 juta,” terang Kivlan dalam acara Simposium Nasional Mengamankan Pancasila dari Ancaman Kebangkitan PKI dan Ideologi Lain di Jakarta, Rabu (1/6).

Selain masyarakat pada umumnya, PKI juga menyasar berbagai elemen bangsa lainnya untuk menjadi anggotanya. Bahkan, mereka sampai masuk ke parlemen dan partai-partai politik di Indonesia.

Kivlan menyinggung pembahasan mengenai PKI pada Majalah Historica yang dibeberkan secara panjang lebar sejak partai itu berdiri. Ia lantas mengingatkan pemerintah untuk lebih waspada mensikapi keberadaan PKI, sebab dikhawatirkan mereka menyiapkan gerakan seperti 1965 silam.

“Pemerintah harus sediakan anggaran untuk perang. Mereka sudah ancang-ancang. Kita jangan sampai lengah,” demikian Kivlan.

(Nebby)