Pidie Jaya, Aktual.com – Tim Penggerak PKK Aceh menggelar Pelatihan Hypnosis Trauma Healing bagi para guru sekolah di Aula Kantor Camat Trienggadeng Pidie Jaya, Senin (30/01/2017). Pelatihan tersebut dipandu Dewi Puspaningtyas Faeni.

“Harus diakui bahwa gempabumi menyisakan trauma yang membekas khususnya bagi anak. Karena itu, sebagai bentuk kepedulian kita bersama, kita membuat pelatihan ini sehingga karakter anak tetap terjaga,” terang Ketua Penggerak PKK Provinsi Aceh, Ida Yulianti.

Disampaikan, gempa bumi yang melanda Aceh khususnya Pidie Jaya membutuhkan kepedulian bersama. PKK mengambil peran dengan memberikan penanganan trauma akibat bencana dimaksud. Pelatihan dikhususkan bagi guru dan psikolog yang punya tugas esensial dalam mendukung tumbuh kembangnya anak.

Ia mengharapkan setelah mendapatkan pelatihan para guru tersebut bisa menerapkan di lingkungan terdekat.

Ketua Panitia Pelatihan Hypnosis Trauma Healing Pasca Gempabumi, Samsiarni Dermawan, menjelaskan, kegiatan pelatihan bagi guru konseling merupakan aksi dari kepedulian organisasi perempuan peduli Pidie Jaya.

“Setelah mengikuti pelatihan, para peserta bisa memahami bagaimana penanganan trauma bagi diri sendiri mau pun masyarakat,” ujar Samsiarni Dermawan.

Dalam kesempatan itu, PKK Aceh menyerahkan bantuan kepada 11 PAUD dan Taman Kanak-kanak di Pidie Jaya. Di antara 11 sekolah tersebut, Ida Yulianti bersama rombongan menyerahkan langsung bantuan alat peraga ke PAUD al-Hikmah Cot Lheue Rheng Kecamatan Trienggadeng Pidie Jaya.

Istri Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Soedarmo, itu juga melakukan kunjungan kerja ke SD Negeri Jalan Rata, Kecamatan Bandar Baru Pidie Jaya.

Sekolah di Gampong Blang Kreueng tersebut mengalami kerusakan parah, sehingga pemerintah kemudian membangun sekolah darurat di lokasi pekarangan masjid yang juga roboh akibat gempabumi yang 7 November tahun lalu.

“Semoga hal demikian tidak mengurangi semangat anak-anak untuk belajar dan para guru dalam mengajar meski dalam keadaan darurat,” demikian Ida.

(Masriadi Sambo)

()