Ketua Bidang Kepemudaan DPP PKS Mardani Ali Sera yang juga Ketua Tim Pemenangan Anies Sandi memaparkan strategi pemenangan  pemilu 2019, dalam Rakorwil 2018 PKS DKI Jakarta untuk Pemenangan Pemilu 2019. AKTUAL/HO

Jakarta, Aktual.com – Legislator yang merupakan anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR Mardani Ali Sera mengatakan, perlu dibangun dialog antara kelompok-kelompok yang selama ini memiliki pandangan yang berbeda.

“Misalnya, dalam kerangka Islam moderat bisa membuat kelompok Islam ekstra kanan dan kelompok Islam ekstra kiri menjadi berkumpul di tengah,” katanya saat dihubungi di Jakarta, Jumat (18/10).

Kelompok masyarakat dari peta yang berbeda itu misalnya antara kelompok agamis pendukung gerakan 212 dengan kelompok liberal, atau antara pendukung 01 dan pendukung 02 pada Pemilihan Presiden 2019.

Menurut dia, seluruh elemen bangsa perlu duduk bersama untuk membahas secara lugas dan legowo definisi dari radikalisme, antikeberagaman, dan intoleransi beserta segala turunannya demi kepentingan bangsa yang lebih besar.

“Menurut saya, harus ada diskusi yang memadai agar definisi-definisi tersebut disepakati bersama. Sebab kesalahan definisi berujung pada pembelahan antarkelompok yang tidak perlu,” katanya.

(Abdul Hamid)