Jakarta, Aktual.com — Polda Lampung menyelidiki pelaku pembunuh gajah patroli “Yongki” yang kedapatan mati di dekat camp-nya di Resort Pemerihan, Bengkunat, Kabupaten Pesisir Barat, pemekaran Lampung Barat, dalam areal hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

“Kami sudah memiliki datanya (pelaku), namun secara keseluruhan masih memerlukan pemeriksaan terlebih dahulu,” kata Kapolda Lampung Brigjen Edward Syah Pernong, di Bandarlampung, Senin (28/9).

Menurut dia, pihaknya sudah turun tangan melakukan pengusutan kasus kematian gajah jantan jinak yang membantu patroli pengamanan hutan TNBBS itu, untuk mempercepat pengungkapan pelaku perburuan liar yang menyebabkan gajah patroli di TNBBS menjadi korban.

“Dirkrimsus sudah kami turunkan, bahkan saat Idul Adha lalu bersama sekretaris daerah setempat telah melakukan ekspose kasus itu di Kabupaten Pesisir Barat untuk menyingkap persoalan tersebut,” katanya.

Kapolres Lampung Tengah AKBP Dono Sembodo yang baru melepas jabatan Kapolres Lampung Barat mengatakan, penanganan kasus kematian gajah yang menjadi model video klip Tulus itu, sudah dilakukan bahkan pemeriksaan saksi-saksi sudah dilakukan untuk mengungkap kasus perburuan liar itu.

“Sebanyak tujuh saksi, di antaranya pawang dan polisi kehutanan sudah kami periksa, tinggal mencocokkan dengan hasil autopsi jasad gajahnya,” kata mantan Kapolres Lampung Barat itu.

Terkait dugaan adanya keterlibatan “orang dalam” pada kasus itu, ia menyebutkan, memang ada tapi pihaknya tetap menggunakan azas praduga tak bersalah.

“Tidak bisa langsung tetapkan tersangka, masih kami selidiki, setelah ada bukti serta hasil pasti autopsi kematian gajah itu barulah bisa disampaikan kembali hasilnya,” kata dia.

Sudah sepekan lebih gajah “Yongki” kedapatan tewas diduga dibunuh untuk diambil paksa gadingnya di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung.

Aparat penegak hukum dan instansi berwenang didesak berbagai pihak segera mengungkap kasus kematian gajah “Yongki”. Seekor gajah patroli di kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang mati di Pemerihan, Bengkunat Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, diduga dibunuh, Jumat (18/9).

(Ant)

(Nebby)