ilustrasi
ilustrasi

Rejang Lebong, aktual.com – Petugas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengamankan 35 pelajar yang kedapatan membolos saat jam sekolah.

Kepala Satpol PP Rejang Lebong Akhmad Rivai di Rejang Lebong, Kamis mengatakan puluhan pelajar yang membolos sekolah ini berasal dari sekolah tingkat SD satu orang, dan selebihnya pelajar dari tingkat SMP dan SMA serta SMK, baik negeri maupun swasta.

“Mereka ini kami amankan di lima lokasi yang menjadi tempat mereka nongkrong, seperti Kelurahan Dwi Tunggal, Jalan Sentoso, Lapangan Setia Negara, Kelurahan Air Sengak dan Jalan Ahmad Marzuki,” ujar dia.

Kalangan pelajar yang diamankan ini berasal dari SMKN 1 Rejang Lebong, SMAN1 Rejang Lebong, SMAN 4 Rejang Lebong, SMPN 5 Rejang Lebong serta satu orang dari sekolah tingkat SD.

Para siswa itu sendiri, kata dia, setelah didata dan dilakukan pembinaan serta membuat surat pernyataan di kantor Satpol PP Rejang Lebong, kemudian para siswa tersebut langsung dikembalikan ke pihak sekolah yang datang menjemput mereka.

Rivai menjelaskan penertiban pelajar yang membolos sekolah saat jam belajar aktif tersebut merupakan tindak lanjut dari laporan warga yang menyebutkan banyak pelajar yang membolos sekolah saat jam pelajaran aktif. Kendati demikian pelajar ini tidak ada yang dihukum.

Para pelajar yang diamankan petugas ini kedapatan sedang nongkrong di pinggir jalan, warung dan tempat-tempat lainnya sambil merokok, kemudian main game. Mereka ini tidak masuk sekolah melainkan bermain di luar.

Penertiban pelajar membolos sekolah itu sendiri akan terus mereka laksanakan dalam rangka menyukseskan program Rejang Lebong sebagai kota pendidikan, serta menekan timbulnya kenakalan remaja akibat tidak sekolah.

(Eko Priyanto)