Patroli gabungan mendapati beberapa warkop, cafe, rental game masih ramai. (FT/LOETFI)

Sidoarjo, aktual.com – Petugas Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Jawa Timur terus menggencarkan patroli di tempat keramaian masa sebagai upaya untuk mengantisipasi merebaknya virus corona atau COVID-19 di kabupaten setempat.

Kabagops Polresta Sidoarjo Kompol Mujito, Minggu [05/4], mengatakan, patroli tersebut dilaksanakan untuk mengantisipasi adanya tempat kerumunan massa di tengah pandemi virus corona (COVID-19).

“Polresta Sidoarjo bersama TNI dan instansi terkait di Kabupaten Sidoarjo, terus menyisir sejumlah tempat keramaian, termasuk warkop dan cafe,” katanya.

Ia mengatakan, dalam patroli yang dilakukan pada Sabtu (4/4) malam masih saja ditemukan tempat seperti warkop atau cafe, rental game, dan tempat hiburan yang ramai massa.

“Oleh karena itu petugas di lokasi langsung membubarkan kerumunan masa tersebut,” katanya.

Ia juga meminta supaya masyarakat untuk bubar dan kembali ke rumah, guna mencegah penyebaran virus corona.

“Patroli gabungan di lokasi kerumunan masa ini juga dilakukan di berbagai wilayah Polsek jajaran Polresta Sidoarjo,” katanya.

Ia mengatakan, di akhir pekan ini, penertiban dilakukan secara humanis untuk menertibkan dan memberikan himbauan terhadap kerumunan orang untuk tetap tinggal di rumah dan jaga jarak.

“Perlunya penanaman kesadaran yang tinggi dari warga Sidoarjo atas kesehatan dirinya dan orang lain,” katanya.

Sebagaimana disampaikan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji, menyikapi perkembangan terakhir penyebaran COVID-19.

“Kalau sikap warga masih seperti ini banyak yang tidak patuh, misalnya masih ditemui tempat-tempat berkerumunnya massa. Maka tidak menutup kemungkinan penderita corona akan terus bertambah,” kata Kombes Pol. Sumardji.

Menurutnya, penyebaran virus corona ini sangat cepat sekali, dan potensi paling besar penularannya dari jarak berdekatan, bergerombol serta pola hidup yang tidak bersih.

“Tolong, dibantu untuk bersama-sama berupaya memutus rantai penyebaran virus ini, dengan menjalankan semua arahan pemerintah,” ucapnya.

Seperti diketahui, data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo bahwa perkembangan terakhir per 3 April 2020 untuk penyebaran COVID-19 di Kabupaten Sidoarjo adalah 233 ODP (Orang Dalam Pengawasan), 73 PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan 14 Positif Corona.

(Eko Priyanto)