Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR di Komples Parlemen, Jakarta, Kamis (2/7). Rapat tersebut membahas persiapan pengamanan pilkada, pelaksanaan 11 program prioritas Polri dan penanganan kasus-kasus teraktual Polri. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Rei/kye/15.

Jakarta, Aktual.com — Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menegaskan belum ada keputusan terkait pencopotan Komjen Pol Budi Waseso sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri.

Namun, Badrodin mengaku pihaknya akan menggelar rapat mengenai rencana penggantian Kabareskrim tersebut dengan Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri.

“Belum ada keputusan sampai sekarang‎, kami kan sedang membahas Wanjakti untuk perwira tinggi Polri,” kata Badrodin di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (3/9).

Meski demikian namun Badrodin menampik, pertemuannya dengan Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Panjaitan Selasa (2/9) malam ‎membahas pencopotan Budi Waseso. Dia mengaku, pertemuan mereka membahas soal Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

“Ke Pak Luhut bukan masalah itu (pencopotan Buwas), tapi masalah yang lain. Karena hari ini kami ada beberapa kali rapat masalah yang terkait Kompolnas, masalah yang terkait dengan PLN (proyek peningkatan daya listrik 35.000 MW),” kilahnya.

Menurut Badrodin, pergantian jabatan pejabat utama Mabes Polri, seperti Kabareskrim merupakan hal biasa terjadi. Setiap pejabat Polri,
kata dia, bisa kapan saja di copot sesuai mekanisme yang berlaku.

“Kalau ada mutasi itu hal yang biasa di Polisi. Saya juga bisa dimutasi setiap saat, Wakapolri juga bisa, Kabaintel, Kabareskrim, dan pejabat utama lainnya, itu kan tidak masalah,”tandasnya.

(Nebby)