Makassar, Aktual.com – Mabes Polri mengirim helikopter jenis dolphin, untuk memperkuat tim SAR dalam misi pencarian pesawat Twin Otter Aviastar yang hilang kontak sejak Jumat (2/10).

“Helikopter jenis Dolphin milik Mabes Polri sudah ada di Lanud Hasanuddin dan ini akan digunakan menyisir pencarian Aviastar,” ujar Kabid Humas Polda Sulselbar Kombes Pol Frans Barung Mangera di Crisis Center Bandara Hasanuddin Makassar, Senin (5/10).

Dia mengatakan, helikoptet Dolphin ini dengan memuat 15 orang penumpang, akan menyisir beberapa lokasi untuk mencari pesawat Aviastar tersebut.

Pencarian pesawat itu akan dipimpin langsung oleh Wakapolda Sulselbar Brigjen Pol Ike Edwin bersama pejabat utama, Kapolres dan beberapa wartawan lainnya.

“Yang berangkat itu Wakapolda, Kabag Ops, Kapolres dan wartawan. Dolphin ini mengangkut 15 orang,” katanya.

Helikoptet Dolphin ini baru tiba dari Poso, Sulawesi Tengah dan langsung diperbantukan untuk mencari Aviastar. Selain itu, Polda Sulsel juga mengirim dua kapal Polair yang audah bergerak lebih dulu dan menyisir di Teluk Bone, Kabupaten Luwu.

Sebelumnya pesawat twin otter milik Aviastar dengan nomor penerbangan MV 7503 hilang kontak sekitar pukul 14.36 WITA dalam perjalanan menuju Makassar, 11 menit setelah lepas landas dari Bandara Andi Jemma, Masamba, Jumat (2/10).

Diketahui, pesawat jenis PKBRM/DHC6 milik Aviastar dengan nomor penerbangan MV 7503 dinakhodai Capt Iri Afriadi dengan Co Pilot Yudhistira serta teknisi Sukris.

Pesawat tersebut semestinya tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar 15.39 WITA dari bandara Andi Jemma Masamba, Sulbar dengan lama penerbangan 70 menit. Terdapat tujuh penumpang yang terdiri atas empat dewasa, satu anak, dan dua bayi dalam pesawat tersebut.

Adapun jumlah penumpang sebanyak tujuh orang yang terdiri dari lima orang dewasa dan dua orang bayi yakni Nurul Fatimah, Lisa Falentin, Riza Arman, Sakhi Arqam, M. Natsir, Afif (bayi 1 tahun), Raya Adawiah (balita 3 tahun).

()

()