Ilustrasi- Seorang Petugas Bank sedang menghitung uang pecahan seratus ribu rupiah dan dolar

Jakarta, Aktual.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Selasa (7/9) pagi dibuka menguat 8,93 poin atau 0,15 persen ke posisi 6.135,87.

Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 2,85 poin atau 0,33 persen ke posisi 877,39 poin.

Adapun nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pagi ini juga menguat. Mengutip Bloomberg, rupiah dibuka pada level Rp 14.215 per dollar AS, atau naik 7 poin (0,05 persen) dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.222 per dollar AS.

Sebelumnya, Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali hingga 13 September mendatang. Sementara di luar wilayah tersebut hingga 20 September.

Selain itu, perpanjangan PPKM ini dilakukan dengan beberapa pelonggaran untuk di sektor industri jasa restoran dan pariwisata. Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tempat wisata di wilayah PPKM Level 3 akan dicoba untuk dibuka kembali, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan implementasi aplikasi ‘peduli lindungi.’

Selain itu, para pengunjung restoran diperbolehkan makan di tempat dengan waktu 1 jam, dan kapasitas keterisian sebanyak 50%.

Dengan pelonggaran tersebut, aktivitas bisnis tentunya akan semakin bergeliat di bulan September, dan kembali pada jalur pemulihan ekonomi yang tentunya memberikan dampak positif ke pasar finansial.

“Seiring dengan kondisi situasi Covid-19 yang semakin baik, da beberapa penyesuaian aktivitas masyarakat yang bisa dilakukan dalam periode 7-13 September 2021,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual, Senin (6/9) kemarin.

(A. Hilmi)