Ketua Umum PPP Romahurmuziy saat memberikan sambutannya dalam acara silaturahmi dan buka puasa bersama di komplek perumahan anggota DPR RI, Jakarta, Kamis (8/6/2017). Dalam acara silahturahmi dan buka bersama DPP PPP yang dihadirin ratusan kader PPP ini mengambil tema Terorisme akar, sebab dan perkembangannya". AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), M. Romahurmuziy mengungkapkan bahwa partainya akan mengusung Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2018.

Kepada awak media, pria yang disapa Romi ini mengaku, pihaknnya telah menjalin komunikasi yang cukup intensif dengan PDI Perjuangan, yang menjadi partai asal Ganjar.

“Sejak kemarin siang saya berjumpa Bu Mega kemudian ada pembicaraan-pembicaraan soal Jawa Tengah dan sore kami berkomunikasi intensif dengan PDI Perjuangan. Kami saling menguatkan dengan PDI Perjuangan,” ujar Romi, sapaan akrabnya, di Kantor DPP PPP, Jakarta, Minggu (7/1).

Dalam Pilkada Jateng edisi terakhir, Ganjar dipasangkan dengan Heru Sudjatmoko, yang juga merupakan kader PDI Perjuangan. Pasangan ini pun akhirnya memenangi Pilkada dan menjadi pasangan kepala daerah Jawa Tengah 2013-2018.

Namun, pada Pilkada 2018, PDI-P memilih kader PPP sebagai calon wakil gubernur pendamping Ganjar. Keputusan untuk memajukan Gus Yasin juga didapatkan Romi dari hasil berkonsultasi dengan Ketua Majelis Syariah PPP Kyai Maimoen Zubair, yang notebene merupakan ayah dari Gus Yasin.

Maimoen memberikan nama Gus Yasin, yang juga sangat didorong oleh warga Nahdliyin di Jawa Tengah. Adapun Gus Yasin juga merupakan anggota DPRD Jateng dari Fraksi PPP dan Ketua DPC PPP Kabupaten Jepara.

“Jadi ini adalah kader dari PPP juga warga Nahdliyin dan putra Kyai yang paling sepuh yang hari ini ada di Nahdlatul Ulama,” tutur Romi.

Laporan: Teuku Wildan

(Nebby)