Manila, Filipina, Aktual.com – Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong berharap anak-anak asuhnya membalas dukungan penuh yang diberikan PSSI kepada mereka dengan menjadi juara Piala AFF 2022.

“Pemain harus bisa membalas budi dengan juara,” ujar Shin di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Ahad (1/1).

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, PSSI melalui Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan telah memberikan sokongan maksimal.

Salah satunya, PSSI memberikan fasilitas berupa pesawat carter untuk membawa timnas Indonesia menjalani laga tandang di Grup A Piala AFF 2022.

Awalnya, timnas menaiki pesawat sewa saat berangkat ke Malaysia untuk melawan Brunei Darussalam, 26 Desember 2022. Kemudian, ketika timnas hengkang ke Filipina untuk menghadapi tuan rumah, Senin (2/1).

“Pesawat carter membuat kami bisa mempersiapkan Piala AFF ini dengan baik,” tutur Shin.

Gelandang timnas Indonesia Ricky Kambuaya menegaskan bahwa dia dan rekan-rekannya siap berjuang keras untuk meraup trofi Piala AFF 2022.

“Kami mau berterima kasih banyak lewat trofi juara. Pesawat carter itu sangat mendukung kami,” kata Ricky.

Timnas Indonesia terus bertarung di Piala AFF 2022 dan akan menghadapi laga terakhirnya di Grup A kontra tuan rumah Filipina, Senin (2/1) di Stadion Rizal Memorial, Manila.

Pertandingan tersebut penting bagi Indonesia karena akan menentukan langkah ke fase berikutnya.

Indonesia akan menyegel slot di semifinal jika mampu menahan imbang atau menang atas Filipina.

Untuk menjadi juara grup, Indonesia wajib menang besar dengan selisih gol melampaui Thailand yang pada pertandingan pamungkasnya akan melawan Kamboja, pada hari yang sama.

Saat ini Indonesia berada di peringkat kedua Grup A dengan tujuh poin dari tiga laga (selisih gol +8). Thailand memuncaki klasemen juga dengan tujuh poin dari tiga laga tetapi unggul selisih gol (+9).

Kamboja menguntit dari peringkat ketiga dengan enam poin (tiga laga, selisih gol +4), lalu di bawahnya bertengger Filipina dengan tiga poin dari tiga laga (selisih gol -1) dan Brunei Darussalam di dasar klasemen dengan nol poin dari empat laga (selisih gol -20).

Adapun Filipina dan Brunei Darussalam sudah dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2022.

(Andy Abdul Hamid)