Jakarta, aktual.com – Politisi Senior PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno, menyebut Puan Maharani adalah sosok Calon Presiden (Capres) 2024 yang sangat kuat. Kekuatan cucu proklamator ini bisa ditangkap dari kualitas kepemimpinan yang ditunjukan Puan selama ini.

Secara pribadi Hendrawan memiliki kesan tersendiri tentang sosok Ketua DPR RI tersebut saat pernah satu komisi, yaitu Komisi VI DPR RI pada 2009-2014 dan bersama di DPP PDI Perjuangan satu periode, ditambah saat ini Puan Maharani menjadi Ketua DPR RI.

“Saya menilainya beliau Capres paling kuat karena kepemimpinannya. Saya punya pengalaman intensif sama-sama di Komisi VI, pernah sama-sama di DPP PDI Perjuangan, kita pantau juga saat beliau Menko PMK dan saat ini sebagai Ketua DPR RI,” ungkap Hendrawan dalam diskusi politik Indonesia Point bertajuk “Menakar Kekuatan Capres 2024 Puan Maharani” di Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Hendrawan memaparkan tiga kualitas penting kepemimpinan yang diperlihatkan Puan Maharani selama ini, yaitu kemampuan mendengarkan masukan orang lain (ability to listen), berorientasi solusi (solution oriented), dan punya kemampuan teknokratis.

“Jadi ini adalah kualitas lengkap karena kalau ibarat film, beliau bisa jadi sutradara, penulis naskah juga, sekaligus aktornya,” ucap Hendrawan.

(Zaenal Arifin)