Jakarta, Aktual.com — Sebanyak 100 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, mengikuti asesmen kompetensi jabatan struktural eselon IV dan fungsional tertentu.

Peserta asesmen kompetensi tahap tiga itu terdiri atas pejabat Eselon IV pada Kemenag kabupaten/kota 44 orang, Kepala Madrasah 16 orang, Kepala KUA 21 orang, JFT dan JFU 19 orang.

Kepala Tata Usaha (KTU) Kanwil Kemenag Sulteng, H. Rusdin selaku ketua panitia penyelenggara asesmen di Palu, Minggu (17/1), mengatakan bahwa asesmen kompetensi merupakan hal yang baru walau pedoman pelaksanaannya sudah dibuat pada 2013.

Kegiatan itu bertujuan untuk mewujudkan ASN di lingkungan Kemenag Sulteng yang memiliki profil kompetensi sesuai dengan standar kompetensi jabatan yang dipersyaratkan serta untuk menjamin mutu pelaksanaan asesmen kompetensi di lingkungan Kemenag yang akuntabel.

“Pelaksanaan asesmen kompetensi ini untuk menjamin obyektivitas, transparansi dan akuntabilitas dalam pengembangan, promosi dan mutasi pegawai negeri sipil di lingkungan Kemenag Sulteng,” jelas ia kepada jurnalis media.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sulteng H. Zulkifli Tahir menyampaikan bahwa asesmen merupakan tuntutan UU Nomor 5 Tahun 2013, KMA Nomor 207 Tahun 2013 tentang pedoman pelaksanaan Asesmen Kompetensi bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kemenag RI.

Kegiatan itu dilaksanakan selama 16-18 Januari 2016 di Aula Kanwil Kemenag Sulteng. Peserta akan menerima sejumlah materi terdiri dari, Tes Kompetensi Teknis (pengetahuan), Leaderness Group Discussion (LGD), psikometri dan wawancara.

()