Hendri Satrio. (ilustrasi/aktual.com)
Hendri Satrio. (ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Pengamat komunikasi politik Hendri Satrio menyarankan apabila Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle kabinet, sebaiknya kali ini adalah yang terakhir atau pamungkas.

“Bila Jokowi akan melakukan reshuffle lagi, sebaiknya ini yang terakhir dilakukan, Reshuffle pamungkas. Tapi Jokowi harus pilih orangnya sendiri, tunjukkan leadership tidak perlu akomodatif kendati koalisi saat ini lebih gendut,” kata Hendri, Senin (25/7).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Jokowi bisa menggunakan mekanisme wakil menteri untuk menjaga strategi akomodatif bagi koalisi.

Ia kembali mengingatkan bahwa saat mengumumkan kabinet beberapa saat setelah dilantik jadi Presiden, Jokowi hanya menyebutkan bahwa inilah menteri-menteri terpilih. Jokowi tidak mengatakan bahwa ini menteri terbaik, sehingga memang reshuffle adalah hal lumrah.

“Ini seperti pesan komunikasi yang ingin disampaikan bahwa saat itu Jokowi sangat akomodatif pada lingkungan koalisinya. Dan saya yakin Jokowi bisa, Jokowi pemimpin terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini.”

 

(ant)

()