Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VI Makassar melakukan transplantasi terumbu karang di pulau Kodingareng Keke, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (3/8). Kegiatan itu guna mendukung program Save Our Littoral Life (SOLL) Korps Marinir TNI Angkatan Laut menanam sejuta terumbu karang di 51 pantai sejumlah wilayah di Indonesia menyambut HUT kemerdekaan RI ke-70. ANTARA FOTO/Dewi Fajriani/Rei/nz/15.

Jakarta, Aktual.com — Ribuan warga dari berbagai kecamatan dan pegawai negeri sipil Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, melakukan transplantasi terumbu karang di Teluk Bulan Desa Tolala, Kecamatan Batu Putih.

Bupati Kolaka Utara (Kolut) Rusda Mahmud mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI. Menurut dia transplantasi terumbu karang yang dilakukan warga masyarakat ini dilakukan di tiga titik yang telah ditentukan.

“Transplantasi pertama dilakukan di Teluk Bulan Pulau Bintang yang berada di desa Tolala sementara yang lainnya dilakukan di Pantai Pasir Putih Lasusua dan Tanjung Tobaku,” kata dia di Lasusua, Sabtu (29/8).

Dia mengatakan, dalam transplantasi terumbu karang ini Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara bekerjasama dengan lembaga pengelola dana coporate sosial responsibility (LPDCSR) dengan menyiapkan bibit terumbu karang sekitar 33.333 ribu bibit.

Selain transplantasi terumbu karang itu, lanjut Rusda dalam rangka peringatan HUT RI ini juga laksanakan berbagai kegiatan yakni kontes motor jaman dulu, kuliner masakan non beras serta kegiatan lainnya.

“Kegiatan transplantasi terumbu karang dilakukan selama tiga hari dan pada hari Minggu merupakan puncak dari pelaksanaan transplantasi itu,” ujar dia.

Sementara setiap titik penanaman kata dia, akan ditransplantasi sebanyak 11.101 bibit dengan melibatkan 100 orang penyelam yang akan membantu untuk melakukan penanaman.

“Kegiatan bukan merupakan untuk mencari rekor semata namun sebagai wujud perhatian pemerintah untuk mengembalikan kehidupan terumbu karang yang sudah rusak,” kata Rusda.

Menurut dia, hal itu dilakukan sejak tahun 2008 dengan melakukan pembibitan dan terumbu karang yang ditanam bukan hanya hasil sambung sehingga tingkat pertumbuhannya bisa mencapai 90 persen.

Hasil pantauan di pulau itu tampak ribuan warga masyarakat dari setiap kecamatan dan pegawai SKPD Menggunakan perahu nelayan menuju lokasi transplantasi terumbu karang untuk melakukan penanaman.

()

(Wisnu)