Ratusan warga pegunungan Kendeng yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JM-PPK) melakukan unjuk rasa di depan Mahkamah Agung (MA), Jakarta, Senin (14/11/2016). Dalam askinya ratusan warga pegunungan kendeng untuk mengawal proses kasasi atas Surat Keputusan Bupati Pati terkait izin lingkungan pendirian pabrik semen PT Sahabat Mulya Sejati (SMS).

Pati, Aktual.com – Ribuan warga Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menggelar aksi unjuk rasa untuk menuntut agar DPRD Pati dan Pemerintah Kabupaten Pati menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah Pusat agar melakukan normalisasi Sungai Juwana, Kamis (5/4).

Aksi unjuk rasa digelar di depan gedung DPRD Pati di Jalan Wahidin dengan mengusung sejumlah poster dan spanduk yang dilengkapi foto bencana banjir yang melanda wilayah Pati Selatan, meliputi Kecamatan Sukolilo, Kayen, Tambakromo dan Gabus, serta tulisan tuntutan normalisasi Sungai Juwana.

Pengunjuk rasa dari wilayah Pati Selatan juga sempat melakukan aksi saling dorong dengan aparat kepolisian yang berjaga-jaga di depan pintu masuk gedung DPRD Pati.

“Keinginan rakyat Pati Selatan cukup sederhana, menginginkan adanya normalisasi Sungai Juwana agar dampak banjir tidak terjadi di wilayah Pati Kidul,” kata salah satu orator aksi Ahmadi di Pati, Kamis.

Untuk itu, dia meminta, anggota DPRD Pati maupun Bupati Pati Haryanto menyampaikan aspirasi rakyat Pati Selatan kepada Presiden Joko Widodo.