Ekonon Senior, Rizal Ramli saat diskusi dengan tema “Indonesia Perlu Pemimpin Optimis yang Bawa Perubahan” di gelar di Tebet, Jakarta Selatan, Senin ( 25/2/2019). Rizal mengungkapkan bahwa penurunan angka kemiskinan di era Jokowi – JK menunjukan paling rendah dari era kepemimpinan semua presiden sebelumnya sejak reformasi. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Ekonom senior Rizal Ramli mengungkapkan bahwa dirinya saat menjadi Menko Maritim pada bulan Juli 2015 yang ditawarkan oleh Presdien Joko Widodo sempat menolak sebanyak tiga kali.

“Ketika Presiden Jokowi bujuk RR utk bersedia jadi Menko Maritim Juli 2015, RR menolak sampai 3x,” katanya ditulis Senin (8/7).

RR sapaan Rizal Ramli kembali menjelaskan kalau dirinya menerima pinangan dari Presiden Joko Widodo untuk menjadi menteri tersebut lantaran Presiden Joko Widodo “Yang minta ini tidak hanya Presiden Jokowi, yang minta tolong ini rakyat yg ingin hidup lebih baik.” ungkapnya.

Namun beriringnya waktu, kata RR atau tepatnya sekitar sebelas bulan menjabat Menteri Menko Maririm mengetahui bahwa yang meminta dirinya untuk menjadi Menteri bukanlah Rakyat melainkan kelompok tertentu.

“11 bulan kemudian, yang minta bukan rakyat, tetapi kelompok vested-interest,” imbuhnya .

(Abdul Hamid)